Pertemuan tingkat tinggi AS-Korea Utara ditunda tanpa alasan

harga pipa hdpe Pertemuan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada hari Jumat dengan seorang pembantu penting pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah ditunda, kata Departemen Luar Negeri, kemunduran potensial dalam pembicaraan yang tampaknya terhenti antara Washington dan Pyongyang.

Departemen Luar Negeri mengumumkan keputusan untuk menjadwal ulang pertemuan di tengah malam karena hasil dari pemilu paruh waktu AS datang.
Juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert tidak memberikan penjelasan mengapa pembicaraan akan ditunda, tetapi dua sumber diplomatik mengatakan kepada CNN bahwa langkah itu jelas merupakan sinyal bahwa Korea Utara belum bersedia bekerja sama dengan harapan AS sampai saat ini.
AS telah mencari semacam konsesi dari Pyongyang – seperti membuka situs yang terhubung dengan program nuklirnya untuk inspeksi – sebelum maju dengan pertemuan puncak kedua antara Presiden AS Donald Trump dan Kim, kata dua sumber tersebut.
Sumber-sumber mengatakan kepada CNN bahwa Korea Utara, untuk bagiannya, mencari AS untuk menawarkan sesuatu sebelum bergerak maju, tetapi bahwa AS belum bersedia memberi apa-apa terlebih dahulu, seperti mengurangi sanksi hukuman yang dikenakan pada rezim Kim. .
“Kami akan berkumpul kembali ketika jadwal masing-masing memungkinkan. Percakapan yang sedang berlangsung terus berlangsung,” kata Nauert.
Pompeo telah mengatakan Minggu bahwa ia akan bertemu dengan Kim Yong Chol Jumat di New York, di mana keduanya akan “memastikan bahwa pertemuan puncak harga pipa hdpe antara dua pemimpin kami dapat berlangsung, di mana kami dapat membuat langkah substansial menuju denuklirisasi.”
Mantan spymaster Pyongyang dan telah menjadi tambal sulam Pomepeo melalui sebagian besar negosiasi AS-Korea Utara pada 2018.
Yoon Young-chan, juru bicara Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mengatakan bahwa pemerintahnya sadar akan penundaan tersebut.
Trump telah menggoda kemungkinan KTT kedua dengan pemimpin muda Korea Utara, mengatakan bulan lalu bahwa ia mengharapkan pertemuan akan berlangsung setelah ujian tengah Selasa.
Pertemuan pertama Trump dan Kim Jong Un berlangsung di Singapura awal tahun ini, tetapi pembicaraan antara kedua belah pihak sejak tampaknya telah menemui jalan buntu harga pipa hdpe.
Trump dan Pompeo telah secara konsisten mengatakan bahwa sanksi tidak akan dihapus sampai Korea Utara menyerahkan senjata nuklirnya dan memungkinkan masyarakat internasional untuk memverifikasi telah melakukannya. Pyongyang, bagaimanapun, bersikeras bahwa selama sanksi tetap sepenuhnya di tempat itu tidak akan bernegosiasi dengan Amerika Serikat.
Pada hari Jumat, seorang pejabat dengan Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengancam bahwa jika AS tidak meringankan sanksi, bahwa Pyongyang dapat memulai kembali “membangun kekuatan nuklir.”
Korea Utara mengklaim telah mengambil beberapa langkah menuju denuklirisasi dan menyatakan ketidaksenangannya bahwa Amerika Serikat tidak membuat konsesi sebagai balasannya. Prioritas terbesar Pyongyang diyakini adalah meringankan sanksi dan mengakhiri secara resmi Perang Korea.
Namun para ahli mengatakan langkah Korea Utara sejauh ini sebagian besar kosmetik dan mudah reversibel.
Rezim Kim telah menutup fasilitas pengujian mesin rudal; menghancurkan pintu masuk ke lokasi uji coba nuklirnya; dan berjanji untuk menutup fasilitas nuklir Yongbyon, di mana Korea Utara dipercaya untuk memproduksi bahan fisil untuk senjata nuklir.
Meskipun beberapa ahli berspekulasi bahwa ancaman untuk membangun kekuatan nuklir bisa saja diposisikan oleh Pyongyang untuk mendapatkan pengaruh bagi pembicaraan Jumat yang ditunda-tunda, sumber yang mengetahui posisi Korea Utara mengenai denuklirisasi dikonfirmasi kepada CNN, rezim Kim dapat mengubah sikapnya terhadap program nuklir, jika AS tidak mengubah kebijakannya pada pengurangan sanksi ekonomi.
Korea Utara mengumumkan awal tahun ini bahwa itu akan membuat pergeseran strategis dari strategi dual-track investasi dalam ekonomi dan program nuklir dan malah akan memfokuskan semua upaya pada pembangunan ekonomi harga pipa hdpe.

Tinggalkan komentar